Ingin Meningkatkan Ranking Website?? Ketahui Pembaruan Algoritma Google Terbaru

Kita telah belajar tentang SEO awalnya; apakah itu SEO, langkah optimasi SEO, serta langkah analisa keyword. Tetapi, masih ada banyak hal yang butuh Powergenitalia tahu mengenai SEO, diantaranya tentang pembaharuan algoritma Google yang begitu memengaruhi langkah kerja SEO.

Hampir sehari-harinya, Google lakukan serta meluncurkan pembaharuan pada algoritma untuk memastikan rangking di hasil penelusuran. Google mengupdate algoritmanya rata-rata sekali atau seringkali dalam satu hari untuk jaga kualitas hasil penelusuran serta tunjukkan hasil yang paling bermanfaat buat penelusur, yang bermakna sejumlah beberapa ratus ribu pembaharuan selama tahun.

Beberapa pembaharuan bertaraf kecil sedang beberapa yang lain adalah pembaharuan bertaraf besar yang begitu punya pengaruh dengan hasil penelusuran.

Dalam artikel ini, Sribu akan mengulas dengan singkat pembaruan-pembaruan algoritma Google bertaraf besar dari yang sebelumnya sampai yang paling canggih. Ingin tahu? Silahkan cek bahasan berikut ini.

  1. Panda
  2. Penguin
  3. Hummingbird
  4. Pigeon
  5. Mobilegeddon
  6. RankBrain
  7. Possum
  8. Fred

Panda

Panda di luncurkan pada tanggal 24 Februari 2011. Awalannya, Panda ialah feature filter rangking pada Google yang lalu pada Januari 2016 dengan sah jadikan algoritma pokok. Konsentrasi penting dari pembaharuan ini ialah untuk memastikan “skor kualitas” atau angka kualitas satu situs dengan lihat faktor-faktor, yakni tingkah laku duplikasi atau plagiasi, jumlah content yang rendah, pemuatan keyword yang terlalu berlebih, serta spam yang disengajakan oleh penulis. Penilaian itu lalu dipakai untuk memastikan rangking semasing situs di hasil penelusuran. Untuk dapat mengakali pembaharuan ini, Powergenitalia dianjurkan selalu untuk lakukan kontrol situs yang Powergenitalia atur dengan periodik serta meniadakan atau merubah content yang dipandang jelek merujuk pada beberapa faktor penilaian Panda itu.

Penguin

Penguin di luncurkan pada 24 April 2012. Di akhir 2016, Penguin jadi sisi dari algoritma pokok Google yang kerja dengan real-time. Konsentrasi penting dari pembaharuan ini yakni tentang tautan pada situs yang tidak berkaitan serta berbentuk spam dan tautan yang memiliki kandungan teks manipulatif serta membuat bahaya buat penelusur. Situs yang terdeteksi demikian lalu akan alami penurunan posisinya di hasil penelusuran.

Untuk mengakali pembaharuan ini, Powergenitalia bisa memonitor perkembangan tiap tautan yang ada di situs yang Powergenitalia atur dengan lakukan penelusuran teratur serta kontrol back-link. Powergenitalia dapat memakai software online pemeriksa back-link yang menyebar di internet, beberapa salah satunya ada yang berbentuk gratis. Sesudah Powergenitalia temukan daftar back-link yang jelek, Powergenitalia semestinya langsung meniadakan serta merubah anchor teks pada situs yang Powergenitalia atur.

Hummingbird

Hummingbird di luncurkan pada tanggal 22 Agustus 2013 dengan konsentrasi penting pada pemuatan keyword serta beberapa konten dengan kualitas rendah. Pembaharuan ini menolong Google dalam menerjemahkan keyword pencarian hingga memberi hasil yang sesuai apa yang dicari penelusur. Hasil penelusuran pada Hummingbird sangat mungkin untuk satu situs ada pada rangking paling baik walau tidak memiliki kandungan kosakata yang dicari oleh penelusur. Algoritma ini dibantu oleh pemrosesan bahasa alami yang tergantung pada indeks kata serta keserupaan arti.

Situs dengan beberapa kata persamaan kata dari keyword yang dimasukkan ke mesin perayap mungkin saja semakin lebih baik posisinya dibanding yang memiliki kandungan kosakata yang persis dalam kata kunci. Lewat cara kerja semacam ini, Hummingbird bisa menjadi bahaya buat situs berkualitas rendah dengan pemakaian banyak keyword sebab Hummingbird tidak memerdulikan keyword serta lebih konsentrasi pada kualitas situs tersebut.

Untuk mengakali algoritma ini, Powergenitalia bisa lakukan analisa pada Google Search atau Google Autocomplete tentang satu keyword serta coba konsentrasi pada idenya, bukan pada keyword tersebut. Hasil analisa akan menolong Powergenitalia dalam temukan persamaan kata kata arti yang mempunyai ide sama dalam kata kunci yang disebut.

Pigeon

Algoritma ini di luncurkan pada tanggal 24 Juli 2014 dengan konsentrasi pada kualitas on-page serta off-page. Pigeon memengaruhi hasil pencarian dengan memakai faktor tempat dari satu situs. Tempat penelusur begitu mainkan peranan penting di sini. Pembaharuan ini membuat jalinan yang lebih erat di antara algoritma lokal serta algoritma pokok. Hasil penelusuran serta rangking dipastikan oleh hasil lokal sesuai dengan tempat semasing. Powergenitalia bisa meningkatkan on-page serta off-page situs yang Powergenitalia atur agar bisa bertahan dalam pembaharuan ini.

Seluler (Mobile) atau Mobilegeddon

Di luncurkan pada 21 April 2015, pembaharuan ini fokus pada aksesibilitas satu situs pada piranti seluler. Algoritma ini kerja lewat cara pastikan jika situs dengan rangking paling baik di hasil penelusuran lewat seluler harus dapat ramah seluler atau terdapatnya penampilan situs pada piranti seluler. Pembaharuan ini akan jadikan situs yang tidak ramah seluler ada di rangking yang jelek.

Lalu, manfaat piranti seluler penelusur yang tidak maksimal serta jelek tersebut dapat juga memengaruhi hasil pencarian. Tetapi, yang dapat dikerjakan oleh pengelola situs hanya beberapa hal yang fokus pada akselerasi penampilan situs itu. Powergenitalia harus dapat jadikan situs yang Powergenitalia atur untuk ramah seluler, dapat ditest lewat alat pada Google yakni Google Mobile Friendly Test. Alat ini akan menolong Powergenitalia untuk mencari sisi mana dari penampilan situs pada seluler yang butuh dinaikkan.

RankBrain

Pembaharuan sebagai sisi dari algoritma dari Hummingbird ini di luncurkan pada 26 Oktober 2015. RankBrain adalah skema evaluasi mesin yang menolong Google untuk mengerti arti dibalik keyword serta menyediakan hasil penelusuran yang paling cocok untuk menjawab pertanyaan itu. RankBrain dikatakan sebagai unsur penentu rangking yang sangat penting. RankBrain begitu menolong dalam mengidentifikasi kaitan feature untuk rangking satu situs dari keyword yang dijelajahi. Pembaharuan ini akan memberi rangking yang rendah buat situs yang kekurangan feature kaitan keyword seperti content yang dangkal serta User Experience (UX) yang jelek.

Powergenitalia harus pastikan situs yang diurus bisa memberi respon serta tampilkan secara cepat. Bila tidak, penelusur akan selekasnya keluar dari situs Powergenitalia. Beberapa hosting murah dapat jadi pilihan Powergenitalia dalam mengakali pembaharuan ini. Pemakaian hosting dapat menolong kecepatan pemuatan situs serta penghindaran dari berlangsungnya crash waktu traffic pengunjung sedang padat. Tentu saja, pembuatan content yang informatif, menarik, serta berkualitas akan tetap menolong situs Powergenitalia agar bisa tampil pada rangking paling baik.

Possum

Di luncurkan pada 1 September 2016, Possum kerja lewat cara pastikan jika hasil penelusuran lokal semakin banyak tertampil. Makin dekat tempat penelusur dengan tempat satu situs karena itu makin besar juga kemungkinannya untuk situs itu mendapatkan rangking paling baik. Possum menyangga serta mendukung situs yang terdapat di luar ruang kota. Pembaharuan ini menimbulkan pertarungan ketat di antara beberapa pemilik situs dalam penentuan tempat yang berisi tujuan audiensnya. Agar bisa bertahan pada pembaharuan ini, Powergenitalia bisa memperluas daftar keyword serta lakukan pencarian rangking dengan tempat yang lebih detil.

Fred

Pembaharuan ini di luncurkan pada 08 Maret 2017. Fred fokus pada situs situs yang melanggar dasar Webmaster Google. Situs yang banyak dipengaruhi adalah situs dengan content berkualitas rendah yang berpusat pada iklan yang memang menyengaja dibikin oleh pengelola situs dengan arah untuk membuahkan penghasilan. Untuk mengakali pembaharuan ini, Powergenitalia bisa mengevaluasi kembali situs yang diurus apabila memang tampilkan iklan, yakinkan iklan itu berkualitas tinggi serta memiliki kaitan dengan content pada situs Powergenitalia.

Lalu, apa pembaharuan algoritma Google yang paling baru?
Pembaharuan algoritma Google paling baru dikerjakan pada 12 Maret 2019. Pembaharuan ini dimaksud dengan March 2019 Core Up-date atau Pembaharuan Algoritma Pokok Maret 2019. Seperti yang sudah dijelaskan awalnya, pembaharuan dikerjakan oleh Google agar memberi hasil penelusuran yang lebih memberi kepuasan penelusur. Beberapa pembaharuan memang tidaklah terlalu menonjol atau bertaraf kecil cuma untuk pertajam keakuratan hasil penelusuran dalam kata kunci yang dimasukkan penelusur. Pembaharuan Algoritma Pokok Maret 2019 ini termasuk juga dalam pembaharuan algoritma yang relevan dengan rasio besar.

Pembaharuan ini memberi dampak yang cukup masif untuk situs YMYL, yakni situs yang memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, keamanan, serta kesejahteraan penelusur. Pembaharuan Algoritma Google Pokok Maret 2019 ini kerja lewat cara memberi rangking paling baik buat situs yang ikuti Dasar Penilaian Kualitas Google dengan pas. Pada pembaharuan di tahun 2018, aplikasi kelompok YMYL mulai diaplikasikan. YMYL sendiri adalah singkatan dari “Your Money or Your Life”.

  1. Situs jual beli barang, penawaran layanan, atau yang menyertakan transaksi online
  2. Situs kesehatan
  3. Situs yang tawarkan info permasalahan keuangan, kesehatan, serta hukum
  4. Situs yang tawarkan asuransi serta investasi

Optimasi untuk situs YMYL cukup berat dari situs biasanya sebab Google mempunyai penilaian tertentu pada situs YMYL, yakni dengan memakai unsur EAT.

Updated: May 25, 2019 — 8:34 am